Cara Reset Bios Computer

By | Juli 15, 2019
Apakah Anda pernah melaksanakan reset BIOS? Artikel Cara Reset BIOS Komputer, akan membahasanya. Reset BIOS mempunyai fungsi untuk mengembalikan fungsi BIOS ke mode default. Hal ini sanggup dipakai untuk menghilangkan password yang disetting melalui BIOS atau dengan tujuan clear BIOS lainnya.

Inilah beberapa fungsi dari reset BIOS sebelum kita mencar ilmu cara reset BIOS komputer :

  1. Reset BIOS dibutuhkan bila terjadi kesalahan dalam pengaturan BIOS sehingga dibutuhkan mengembalikan BIOS dalam seting awal.
  2. Saat melaksanakan upgrade atau downgrade prosesor. Penggantian prosesor sanggup menjadikan motherboard tidak sanggup bekerja. Hal ini disebabkan oleh setting BIOS usang masih membaca bus clock dan ratio prosesor yang lama. Namun, Anda tidak perlu khawatir lantaran pada motherboard terbaru telah terdapat fitur autodetection
  3. BIOS Komputer terpassword baik lantaran lupa maupun di password sahabat yang sedang iseng. Clear password merupakan cara termudah untuk menghilangkan password yang telah dibuat.
Reset BIOS merupakan pengetahuan dasar bagi seorang teknisi komputer. Saya rasa pembaca telah mengetahui cara reset BIOS komputer. Tetapi tidak ada salahnya bila kita tulis kembali untuk membantu teman-teman yang belum sanggup melaksanakan Reset BIOS.

Cara Reset BIOS Komputer :

  1. Lepaskan komputer dari sumber listrik dengan cara mencabut kabel power dari stop kontak dan juga silakan cabut kabel power 24 pin (kabel power supply) dari motherboard komputer Anda.
  2. Silakan tunggu beberapa ketika supaya listrik benar-benar hilang dari motherboard Anda. Untuk mempercepatnya Anda sanggup menekan tombol power komputer agak lama. Hal ini dimaksudnya untuk menghabiskan seluruh tegangan sisa yang tersimpan di beberapa komponen komputer menyerupai condensator electrolit pada motherboard.
  3. Pada tubuh motherboard silakan cari tombol atau jumper yang terdapat goresan pena CLR CMOS. Biasanya terdapat akrab dengan baterai CMOS. Jumper clear CMOS ini biasanya terdiri dari 2 jenis yaitu ada yang memakai 2 pin atau 3 pin. Jika memakai tombol, tekan tombol clearnya. Namun, bila tipe jumper 3 pin, sialkan Anda pindahkan posisi jamper ke sisi lainnnya. Dan untuk tipe jumper 2 pin, Anda tinggal menjumper kedua pin tersebut. Jika Anda tidak mempunyai jumper Anda sanggup menshortkan kedua pin tersebut memakai obeng standar, saya sendiri biasanya memakai ujung ballpoint. Intinya ialah supaya kedua pin terjadi short. Tunggu beberapa saat.
  4. Kemudian kembalikanlah posisi jumper ke posisi semula. Cabut jumper untuk tipe 2 pin atau kembalikan jumper ke kawasan sebelumnya untuk yang memakai 3 pin.
  5. Pasang kembali kabel power suppler 24 pin ke motherboard kemudian hubungkan kembali kabel power ke stop kontak.Silakan tekan tombol power untuk menyalakan komputer, apabila reset BIOS berhasil maka setting BIOS akan kembali ke mode default.Jika masih belum berhasil silakan ulangi cara diatas, apabila belum berhasil juga silakan :
  • Lakukan langkah 1-2 dan kemudian cabut baterai BIOS gres lakukanlah kembali langkah ke 3-5.
  • Apabila belum sukses juga silakan ulangi langkah 1-2, dan cabutlah semua kabel power supply pada motherboard, lepaslah baterai BIOS & Memory (RAM) Komputer. Stelah itu silakan ulangi langkah ke 3-5.
  • Langkah terakhir bila semua cara tersebut belum berhasil juga ialah kembali lakukanlah langkah ke 1-2, dan silakan lepaskan semua komponen yang ada pada motherboard yaitu Processor, RAM dan juga Card lainnya menyerupai VGA Card, Sound Card dan lainnya. Lalu bersihkan motherboard dari kotoran kemudian ulangi langkah 3 diatas, kali ini diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu gres ulangi langkah 3-5.
 Reset BIOS mempunyai fungsi untuk mengembalikan fungsi BIOS ke mode default Cara reset BIOS Komputer
Nah, demikianlah artikel ini semoga bermanfaat